Home About Us Contact Us Links FAQ Forum
Follow Us


TRAINING SCHEDULE
Tuesday, September 9, 2014
The Indonesian Banking Development Institute (LPPI), in accordance with its...
KIPRAH
Tuesday, April 1, 2014
After continuing for seven months the LPPI ODP II program...
ACTIVITIES COVERAGE
Monday, August 25, 2014
Thirty eight participants from 15 rural banks (BPRs) attended a...
Friday, May 30, 2014
In three days, May 21 – 23, 2014, the Micro...
Tuesday, March 25, 2014
15 banks have sent their prospective leaders to take the...
Friday, March 7, 2014
In cooperation with the ICDIF-LPPI, within three days (March 7,...
 
[NEW] Restrukturisasi Non Performing Loan (NPL)
Tuesday, October 25, 2011 | Admin

PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN REGULER NOVEMBER 2011

 

RESTRUKTURISASI NON PERFORMING LOAN

(NPL)

7 - 11 NOVEMBER 2011

 

 

ESENSI PROGRAM

Bank selalu menghadapi risiko Non Performing Loan (NPL) karena fungsi pokoknya sebagai lembaga perantara keuangan. Banyak cara yang dilakukan oleh bank untuk mencegah terjadinya NPL. Kebijakan perkreditan yang prudent, credit risk management yang ketat, dan pengembangan kompetensi atau pelatihan teknis kepada para Pengelola Kredit adalah beberapa contoh kebijakan yang diterapkan oleh suatu bank untuk menekan NPL seminimal mungkin. Walaupun demikian, karena berbagai alasan lingkungan bisnis atau kemampuan manajemen debitur, NPL tetap dialami oleh suatu bank. Perekonomian yang menurun, industri sedang lesu atau daya beli konsumen yang menurun bisa menjadi tekanan yang mendorong terjadinya peningkatan NPL. Di samping itu, karakter atau integritas debitur yang menjadi tidak baik dapat menjadi faktor penyebab terjadinya NPL walaupun usahanya masih berjalan lancar. Program pelatihan Restrukturisasi NPL mencakup pembelajaran siklus restrukturisasi NPL.  Siklus dimaksud dimulai dengan cara mendiagnosa NPL, membahas alternatif skim penyelamatan dan penyelesaian NPL, cara mendudukan skim restrukturisasi yang dipilih dalam bentuk hukum yang kuat dan teknik memantau keberhasilan restrukturisasi. Pembahasan restrukturisasi tidak hanya menyangkut aspek bisnisnya saja tetapi juga meliputi aspek legalnya termasuk peraturan Bank Indonesia perihal restrukrisasi.

MANFAAT

Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi para pejabat perkreditan sehingga memperoleh manfaat antara lain sebagai berikut: Meningkatkan kemampuan dalam mendiagnosa penyebab terjadi NPL; Memahami alternatif skim restrukturisasi, memilih alternatif skim yang tepat, dan mampu memantau pelaksanaan restrukturisasi NPL; Membangun kemampuan untuk meningkatkan kualitas debitur dari kategori NPL menjadi lancar kembali; Membantu bank dalam mencapai sasaran menurunkan angka NPL.

ESENSI MATERI

Program ini membahas beberapa materi yang terkait dengan restrukturisasi NPL antara lain meliputi: Landasan Hukum Restrukturisasi NPL; Review dan Kriteria NPL yang dapat direstrukturisasi; Siklus restrukturisasi NPL; Skim/alternatif model restrukturisasi; Administrasi kredit restrukturisasi; Pemantauan hasil restrukturisasi; Review kualitas pinjaman setelah restrukturisasi.

METODE

Metode pembelajaran terdiri dari ceramah, tanya jawab, studi kasus, simulasi perhitungan restrukturisasi dan sharing experience (saling tukar pengalaman keberhasilan restrukturisasi NPL).

PESERTA YANG DISARANKAN

Pejabat perkreditan yang telah mempunyai pemahaman dasar manajemen perkreditan untuk usaha produktif kecil, menengah, dan besar serta bukan perkreditan konsumtif. Pejabat perkreditan tersebut dapat berasal dari pejabat yang mengelola kredit lancar sebagai langkah preventif maupun pejabat kredit yang mengelola kredit nonlancar untuk langkah kuratif.

FASILITATOR

Para profesional yang berpengalaman di bidangnya, antara lain: pejabat Bank Indonesia, praktisi hukum, penyusun kebijakan restrukturisasi NPL, pejabat perkreditan dan para pejabat pengelola NPL.

DURASI & JADWAL

Program diselenggarakan selama 5 (lima) hari secara intensif.

 

Informasi dan Pendaftaran

Divisi Pemasaran dan Aliansi Strategis
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia
Telp: (62-21) 71790919. 71792012, ext. 214 & 231, Fax: (62-21) 7195409
E-mail: div_aliansi_strategis@lppi.or.id, administrator@lppi.or.id
Hito Rinaldi - 0819.3219.8998 (panglimaemir123@gmail.com)



Silahkan download Formulir Pendaftaran disini

 

Comment(s)
No Comment

Reply
Name*
Email
Comment*
Confirmation*
Enter code above :

If you can't read code, click
  
*Field Required