Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, September 9, 2014
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) sesuai dengan misinya akan terus...
KIPRAH
Tuesday, April 1, 2014
Setelah berjalan tujuh bulan program ODP II LPPI yang dimulai...
LIPUTAN KEGIATAN
Tuesday, October 14, 2014
Bekerja sama dengan LPPI, Bank Papua menyelenggarakan Diklat Pola Pembiayaan...
Wednesday, October 1, 2014
Gaya kepemimpinan dan manajerial seorang pemimpin sangatlah penting untuk diperhatikan....
Tuesday, September 30, 2014
Penetapan harga secara efisien untuk nasabah merupakan hal yang penting....
Monday, August 25, 2014
Sebanyak 38 peserta dari 15 BPR telah mengikuti Pelatihan Anti...
 
LPPI - PT. BPR Delta Artha Selenggarakan Pelatihan SAK-ETAP
Monday, July 18, 2011 | Admin

Bank Indonesia sejak 1 Juli 2010 memberlakukan Surat Edaran Bank Indonesia No. 12/14/CKBU/ 2010 tentang Pelaksanaan Pedoman Akuntansi Bank Perkreditan Rakyat. Menyusul dengan telah diberlakukannya Standar Akuntasi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sebagai standar akuntansi keuangan bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sejak 1 Januari 2010 melalui SK Ekstern No. 11/37/DKBU/2009 tentang Penetapan Penggunaan Standar Akuntansi Keuangan bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Pemberlakuan SAK ETAP bagi BPR tersebut perlu didukung dengan pedoman akuntansi yang sesuai bagi industri BPR. Terkait hal tersebut Bank Indonesia bersama dengan Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK), telah menyepakati Pedoman Akuntansi Bank Perkreditan Rakyat (PA-BPR) sebagai pedoman akuntansi bagi BPR untuk dapat menyajikan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP mulai laporan keuangan BPR untuk tahun 2010.

Berdasarkan hal tersebut, PT. BPR Delta Artha, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional yang beroperasi di Kab. Sidoarjo – Jawa Timur bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pengembangan Keuangan Mikro (PKPKM-LPPI) menyelenggarakan pelatihan sehari SAK ETAP di Ruang Kelas 112 – Kampus Bumi LPPI (16/7).

Pelatihan yang diikuti oleh 18 orang peserta dari jenjang Direksi hingga front office ini dibuka oleh Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Keuangan Mikro – LPPI Achmad Effendi. Effendi membuka pelatihan SAK ETAP ini dengan ucapan selamat datang di Kampus Bumi LPPI beserta harapan akan bermanfaatnya program pendidikan dan pelatihan SAK ETAP terhadap perusahaan.

Program pelatihan SAK ETAP dirancang dan dimaksudkan untuk digunakan entitas tanpa akuntabilitas publik. Entitas tanpa akuntabilitas publik adalah entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan dan menertibkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur dan lembaga pemeringkat kredit.

Entitas memiliki akuntabilitas publik siginfikan jika entitas telah mengajukan pernyataan pendaftaran atau dalam proses pengajuan pernyataan pendaftaran pada otoritas pasar modal atau regulator lain. Tujuannya untuk penerbitan efek di pasar modal atau entitas menguasai aset dalam kapasitas sebagai fidusia untuk sekelompok besar masyarakat, seperti bank, entitas asuransi, pialang dan atau pedagang efek, dana pensiun, reksa dana dan investasi bank.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami teori dan praktek akuntansi bank, menangani transaksi yang terjadi di BPR masing-masing, menyusun laporan keuangan dengan benar, menangani transaksi keuangan yang bersifat khas serta mengkonversi laporan keuangan internal menjadi Laporan Bulanan ke Bank Indonesia.

Metode pelatihan diselenggarakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi metode: ceramah, studi kasus, diskusi serta berbagi pengalaman antar peserta dan narasumber dengan menghadirkan fasilitator yang telah berpengalaman dibidangnya. Mereka adalah Mochamad Djufri, SE, MM (Spesialisasi bidang lembaga keuangan mikro, analis kredit mikro, penyelesaian kredit bermasalah, pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat serta pengawas dan pemeriksa Bank Perkreditan Rakyat) dan Abdul Wahab Syachroni, SE, MBA (Spesialisasi bidang lembaga keuangan mikro, analis kredit mikro, pengelolaan Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat serta pengawas dan pemeriksa Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat). (adm/tp)

 

Comment(s)
pt. bpr kencana mandiri @ Tuesday, March 27, 2012 11:52:19 AM WIB
mohon informasi pelatihan untuk tenaga auditor internal BPR kode acc202 mengenai tanggal dan biaya pendidikannya serta tempat pelatihannya

mohon di informasikan ke email kami atau
PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT KENCANA MANDIRI
Jalan Hayam wuruk No. 17 - 18
Jambi
telp 0741 20158
fax 0741 20102
terima kasih

pt. bpr kencana mandiri @ Tuesday, March 27, 2012 11:52:36 AM WIB
mohon informasi pelatihan untuk tenaga auditor internal BPR kode acc202 mengenai tanggal dan biaya pendidikannya serta tempat pelatihannya

mohon di informasikan ke email kami atau
PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT KENCANA MANDIRI
Jalan Hayam wuruk No. 17 - 18
Jambi
telp 0741 20158
fax 0741 20102
terima kasih

Admin @ Wednesday, March 28, 2012 8:36:33 AM WIB
Email mengenai informasi pendidikan dan pelatihan secepat mungkin akan kami kirimkan. Jika anda ingin langsung berhubungan dengan Divisi Pusat Kajian dan Pengembangan Keuangan Mikro (PKPKM) - LPPI anda bisa menghubungi Sdr. Ade Ananto Terminanto (Profesional Staff PKPKM - LPPI) di No. Telp 021-71790919 ext. 411 atau HP 0811109577. Terima kasih..


Reply
Name*
Email
Comment*
Confirmation*
Enter code above :

If you can't read code, click
  
*Field Required