Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, September 9, 2014
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) sesuai dengan misinya akan terus...
KIPRAH
Tuesday, April 1, 2014
Setelah berjalan tujuh bulan program ODP II LPPI yang dimulai...
LIPUTAN KEGIATAN
Tuesday, October 14, 2014
Bekerja sama dengan LPPI, Bank Papua menyelenggarakan Diklat Pola Pembiayaan...
Wednesday, October 1, 2014
Gaya kepemimpinan dan manajerial seorang pemimpin sangatlah penting untuk diperhatikan....
Tuesday, September 30, 2014
Penetapan harga secara efisien untuk nasabah merupakan hal yang penting....
Monday, August 25, 2014
Sebanyak 38 peserta dari 15 BPR telah mengikuti Pelatihan Anti...
 
Workshop Impairment Untuk Kredit Individual Dan Kolektif
Saturday, February 19, 2011 | Admin

Direktur LPPI Saifuddien Hasan secara resmi membuka Workshop “Impairment Untuk Kredit Individual Dan Kolektif” di Ruang Amphi Theater 101 – Bumi LPPI, Sabtu, 19 Februari 2011, lalu. Didampingi oleh Kepala Bagian Operasional Konsultasi dan Assessment Center Sullahi beserta Staff Pengajar yang juga Akuntan dan Pengawas Bank pada Urusan Pengawasan Bank 1 – Bank Indonesia Herbert Sitorus, Saifuddien Hasan melalui kata sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta di Bumi LPPI. Saifuddien Hasan berharap para peserta dapat semaksimal mungkin menyerap manfaat dari program yang akan berjalan untuk diaplikasikan kepada perusahaan dengan sebaik-baiknya.

“Perkembangan dunia perbankan selalu berubah-ubah secara dinamis, kita sebagai bankers dituntut untuk mengikuti apa yang terjadi dilingkungan tersebut. Pengaruhnya kemudian menuntut kita akan adanya kompetensi, perubahan sistem dan seterusnya. Dalam konteks itu, salah satu misi LPPI adalah ikut membantu industri perbankan melalui pengembangan SDM. Sehingga kita harapkan industri perbankan nasional kita bisa tumbuh dan berkembang secara sustainable,” papar Saifuddien Hasan.

Workshop “Impairment Untuk Kredit Individual Dan Kolektif” diadakan dengan dilatar belakangi oleh  penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.50 (Revisi 2006) tentang Penyajian dan Pengungkapan Instrumen Keuangan dan PSAK No. 55 (Revisi 2006) tentang Pengakuan dan Pengukuran Instrumen Keuangan. Hal itu telah memberi dampak yang sangat prinsip terhadap accounting treatment bank. Perhitungan angka dalam laporan keuangan pun banyak mengalami perubahan. Seperti halnya perhitungan CKPN (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai). Untuk mendapatkan angka CKPN ini sumber parameternya adalah PD (Probability Default) dan LGD (Loss Given Default).

Impairment itu sendiri mempunyai arti pengertian dan pengaturan Penurunan Nilai.

Workshop Impairment untuk Kredit Individual dan Kolektif membantu perbankan dalam mengolah data kredit individual dan kolektifnya sehingga dapat menghitung nilai PD dan LGD agar parameter ini dapat dipergunakan dalam menghitung CKPN sesuai dengan pedoman yang ada.

Workshop ini sendiri bertujuan untuk membantu perbankan dalam menghitung nilai PD (Probability Default) dan LGD (Loss Given Default) guna mendapatkan nilai CKPN dengan mengacu kepada PSAK 50 dan 55.

Manfaat yang didapat oleh para peserta setelah mengikuti Workshop ini adalah para peserta diharapkan dapat mengetahui gambaran mengenai bagaimana angka-angka dalam data kredit dapat diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan parameter PD dan LGD serta bagaimana parameter PD dan LGD digunakan untuk menghitung CKPN.

Hasil kegiatan Workshop adalah berupa sistem perhitungan yang memudahkan perbankan untuk mendapatkan angka CKPN.

Diikuti oleh 46 orang peserta yang berasal dari perwakilan bank-bank umum, seperti: Bank BJB, Bank Jatim, Bank Kesejahteraan Ekonomi, Bank Sumsel Babel, Bank Papua, Bank SBI Indonesia, Bank Ganesha, Bank Victoria Indonesia, Bank Sulut, Bank Sinar Harapan Bali, Bank Sinar Mas, Bank Dipo Internasional, Bank Bukopin, Bank Sultra, Bank NTT, Bank Nagari dan Bank Kalbar, Workshop ini berlangsung selama satu hari penuh, dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir sore harinya pada pukul 17.00 WIB. (adm/tp)

 
Artikel Lainnya:

Comment(s)
No Comment

Reply
Name*
Email
Comment*
Confirmation*
Enter code above :

If you can't read code, click
  
*Field Required