Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


KNOW YOUR CUSTOMER & ANTI MONEY LAUNDERING

ESENSI PROGRAM

Program Know Your Customer dan Anti Money Laundering bertujuan untuk mengimplementasikan UU No. 15/2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Hal ini dimaksudkan agar bank-bank di Indonesia tetap termasuk kategori cooperative country, sehingga dapat terus melakukan transaksi keuangan dengan dunia internasional. Program ini bersifat Teknik Anti Money Laundering (AML) operasional, sistematis, integratif, dan fokus pada hal-hal sensitif nasabah sebagaimana telah diubah dengan UU No. 25/2003 dan mengimplementasikan PBI No. 3/10/PBI/2001 tanggal 18 Juni 2001 dan perubahan No. 3/23/PBI/2001 tanggal 13 Desember 2001. Program ini juga bertujuan untuk mengoperasionalkan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principles) dan Anti Money Laundering guna menghindarkan Indonesia menjadi ajang pencucian.

MANFAAT

Setelah mengikuti program ini peserta diharapkan mampu menerapkan pengetahuan, skill dan attitude yang memadai dalam mengidentifikasi transaksi yang mencurigakan dan cara mengatasinya serta melakukan proses pelaporan sesuai ketentuan Bank Indonesia.

ESENSI MATERI

Modul E-learning untuk program Know Your Customer dan Anti Money Laundering ini meliputi:

  1. Pengertian tentang pencucian uang.
  2. Tahapan dalam pencucian uang.
  3. Teknik Penempatan.
  4. Teknik Penyamaran (Layering).
  5. Teknik Pengintegrasian (Integration).
  6. Prinsip Mengenal Nasabah (KYC).
  7. Pembuatan Profil Nasabah.
  8. Mengenali Aktifitas Mencurigakan.
  9. Teknik Anti Money Laundering (AML).
  10. Peraturan Tindak Pidana Pencucian Uang di Indonesia.


METODE

Metode pembelajaran program ini adalah dengan cara melalui multimedia (CD) dan komputer secara mandiri  yang  memakan  waktu 8 (delapan) jam e-learning.  Pada  saat  belajar,  peserta   dapat   kirim pertanyaan lewat internet kepada pengajar dari LPPI.  Setelah    berakhirnya   masa    belajar,   maka akan dilakukan ujian atau test untuk mendapatkan sertifikat. Pelaksanaan ujian atau akan di-koordinasikan oleh kantor banknya masing-masing dan bagi peserta perorangan akan dikoordinasikan oleh pimpinannya.

PESERTA  YANG DISARANKAN

Peserta program ini cocok untuk pegawai bank dan staf bank yang bekerja di front office maupun back office dan atau mereka yang akan diberikan tugas yang terkait dengan operasional KYC.

FASILITATOR

Fasilitator terdiri dari Staf Pengajar LPPI, Bank Indonesia, Bank Umum Milik Negara dan Bank Umum Swasta Nasional yang ahli di bidang Operasional Bank.

DURASI & JADWAL

Waktu belajar efektif  selama  8 jam e-learning. Jadwal pendaftaran dapat dilakukan setiap hari kerja.