Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

iB-AO FOR CONSUMER BANKING (SYB 102)

ICDIF LPPI


ESENSI PROGRAM

Pada saat ini portofolio produk dan jasa perbankan masih didominasi oleh segmen consumer banking, karena banyak keperluan nasabah dapat dipenuhi melalui produk ini. Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi sangat mempengaruhi perilaku individu. Gaya hidup individu yang condong kepada kenyamanan dan kemudahan dalam segala hal meniscayakan perbankan syariah untuk terus mengakomodir kebutuhan mereka baik dalam penghimpunan dana maupun pada sisi pembiayaan dan jasa-jasa perbankan syariah. Selain itu, Bank Syariah memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan bank konvensional. Keunggulan inilah yang menjadikan Bank Syariah memiliki pangsa pasar khusus dengan segmen pelanggannya sendiri. Di antara segmen pelanggan pengguna jasa Bank Syariah terdapat para pelaku usaha mikro. Pelaku usaha mikro hingga sekarang masih memiliki jumlah yang cukup besar dan bertambah besar dari tahun ke tahun, dan merupakan peluang Bank Syariah untuk mengembangkan bisnisnya secara Syariah dengan tambahan porsi pelanggan dari para pelaku usaha mikro.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan memiliki kemampuan teknis tentang pembiayaan khususnya pembiayaan konsumer, melakukan analisa data dan informasi sehingga dapat memberikan penilaian terhadap kelayakan pembiayaan, serta dapat melakukan monitoring pembiayaan dan penyelamatan pembiayaan bermasalah.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi: undang-undang dan sistem perbankan Indonesia, dasar perbankan syariah yang meliputi produk penghimpunan dana dan jasa, produk pembiayaan dan investasi, serta sistem penghitungan bagi hasil bank syariah. Di samping itu, peserta juga dibekali dengan analisis pembiayaan yang berkonsentrasi kepada analisis aspek kualitatif dan kuantitatif pembiayaan, persetujuan pembiayaan dan penyusunan proposal pembiayaan serta presentasi studi kasus produk konsumer. Selain itu, peserta juga memperoleh wawasan tentang aspek teknis pembiayaan yang meliputi: legalitas dan dokumentasi pembiayaan, monitoring dan penyelamatan pembiayaan, manajemen risiko dan sharia compliance. Sebagai pelengkap materi, peserta juga dibekali dengan sharia marketing skill untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pembiayaan konsumer.

 

METODE

Pelatihan ini dilaksanakan secara klasikal, ceramah, diskusi dan studi kasus.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Para calon dan analis pembiayaan bank syariah.

 

FASILITATOR

Praktisi profesional di bidang perbankan yang telah berpengalaman dalam pelatihan, konsultansi dan sosialisasi perbankan syariah di tanah air.

 

DURASI

Program ini dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari secara intensif.