Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

ISLAMIC SPIRITUALITY FOR INCREASING EFFECTIVE LEADERSHIP (SYB 308)

ICDIF LPPI

 

ESENSI PROGRAM

Penjelasan konseptual dan hasil penelitian pengaruh positif spiritualitas di tempat kerja terhadap kinerja, produktifitas, keuntungan perusahaan, rasa saling percaya, komitmen, dan engagement pegawai, telah banyak dilakukan oleh para ahli sejak awal tahun 1990’an. Nampak sekali belakangan ini para ahli organisasi dan manajemen makin meyakini bahwa spiritualitas di tempat kerja sangat diperlukan oleh perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage.

Berikut ini beberapa kutipan, penelitian, dan artikel tentang hubungan antara spiritualitas di tempat kerja dengan unsur-unsur keunggulan kompetitif perusahaan: “Spiritualitas di tempat kerja meningkatkan kinerja organisasi (Turner, 1999); Mendorong tingkat pencapaian keuntungan dan sukses yang tinggi (Mitroff and Denton, 1999; Turner, 1999); Mendorong karyawan mencapai target dengan lebih cepat dan efektif (Heaton et al., 2004); Meningkatkan tingkat kejujuran dan rasa saling percaya (trust) (Wagner-Marsh and Conely, 1999; Krishnakumar, 2002); Mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah dan membangun iklim komitmen dan saling percaya di tempat kerja (Burack, 1999); dan Mengintegrasikan rasa kebersamaan dan totalitas kerja (Pandey et al., 2008).” Sebaliknya, “Banyak perusahaan tidak kompetitif akibat penurunan moral dan disorientasi spiritual para karyawannya (Lee and Semke, 1993; Leigh, 1997). Karyawan saat ini mencari pekerjaan yang menginspirasi dan bermakna spiritual bagi mereka (Mitroff & Denton, 1999).

Dengan demikian, saat ini menjadi semakin penting bagi para pemimpin dan pegawai di perusahaan, khususnya lembaga keuangan, untuk memahami apa itu spiritualitas di tempat kerja dan bagaimana ia membawa pengaruh positif bagi keunggulan kompetitif perusahaan. Apa perbedaan spiritualitas dengan agama, dan bagaimana Islam seharusnya dipahami supaya ia bisa menjadi jalan spiritual yang akan membawa pada keunggulan kompetitif organisasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sesungguhnya sudah lama menunggu jawaban yang argumentatif dan ilmiah.

 

MANFAAT PROGRAM

Setelah mengikuti Workshop ini peserta diharapkan memahami dan dapat menjelaskan konsep spiritualitas di tempat kerja, manfaat spiritualitas, hubungan spiritualitas dan agama, spiritualitas Islam, dan bagaimana para pemimpin seharusnya membangun kualitas spiritual Islam pada dirinya dan mengembangkan iklim spiritual Islam di tempat kerja masing-masing.

 

MATERI

Materi yang dibahas meliputi Iman and Spirituality Development, Spirituality in Changing Environment, Understanding Self to Reach the Divine Love, dan Spiritual Leadership for Employee Engagement.

 

METODE

Metode program ini adalah kombinasi antara ceramah dan diskusi.

 

PESERTA 

Peserta yang direkomendasikan adalah para Komisaris, Direktur, Senior Executive perusahaan, rektor dan dekan perguruan tinggi, alumni SESPIBANK® LPPI, Kepala Wilayah, dan siapa saja yang ingin meningkatkan pemahaman tentang spiritualitas untuk membangun kualitas kepemimpinannya.

 

FASILITATOR

Terdiri dari para pakar, profesional, praktisi dan akademisi yang ahli di bidangnya.

 

DURASI & JADWAL 

Workshop diselenggarakan selama 1,5 (satu setengah) hari intensif, dimulai Jumat siang sampai dengan Sabtu sore.