Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

PEMBIAYAAN KONSUMER BANK SYARIAH (SYB 206)

ICDIF LPPI

 

ESENSI PROGRAM

Pada saat ini portofolio produk dan jasa perbankan masih didominasi oleh segmen consumer banking. Hal ini tidak mengherankan karena masyarakat Indonesia semakin banking minded. Banyak faktor yang menyebabkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk berinteraksi dengan perbankan antara lain meningkatnya pendapatan individu dan keberhasilan pendidikan nasional secara umum. Belum lagi perkembangan teknologi terutama teknologi informasi yang sangat mempengaruhi perilaku individu. Gaya hidup individu yang condong kepada kenyamanan dan kemudahan dalam segala hal meniscayakan perbankan syariah untuk terus mengakomodasi kebutuhan mereka baik dalam penghimpunan dana maupun pada sisi pembiayaan dan jasa-jasa perbankan syariah. Program ini disusun untuk memenuhi segala tuntutan customer terhadap pelayanan perbankan syariah seiring dengan tren, dan perubahan-perubahan serta persaingan yang semakin keras.

 

MANFAAT

Peserta diharapkan memahami esensi Islamic Consumer Banking dan mampu melihat potensinya. Peserta juga diharapkan memahami kedua sisi consumer banking, baik penghimpunan dana maupun pembiayaan, serta memahami model-model yang dapat diaplikasikan untuk menunjang penguasaan dan pengelolaan consumer banking, dan mampu membangun strategi consumer banking yang tepat dalam rangka memenangi persaingan di lapangan.

 

ESSENSI MATERI

Materi meliputi: anatomi dan segmentasi costumer perbankan syariah secara umum, Islamic Consumer Banking, Why?, karakteristik existing consumer banking dan perbandingannya dengan Islamic Consumer Banking, beberapa model Islamic Consumer Banking, beberapa strategi untuk mencapai Islamic Consumer Banking - benefit, goals and target.

 

METODE

Sebagian besar program ini disusun berupa case study dengan menekankan kepada pengelolaan Islamic Consumer Banking. Point of study dari program adalah:

  1. Anatomy and Customer Segmentation in General
  2. Islamic Consumer Banking Reason
  3. The Difference between Ib Consumer Banking & Consumer Banking.
  4. Consumer Banking Model
  5. Benefits, Goal and Target

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Banker syariah terutama yang ditugaskan untuk menangani pembiayaan consumer dan mengelola hubungan dengan individual customer. 

 

DURASI

Program ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari secara intensif.