Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

SERTIFIKASI NAZIR WAKAF UANG (SYB 306)

ICDIF LPPI


ESENSI PROGRAM 

Wakaf merupakan salah satu instrumen sosial ekonomi Islam yang potensinya belum sepenuhnya digali dan dikembangkan. Potensi wakaf uang di Indonesia sangatlah besar. Apalagi wakaf uang dapat digunakan sebagai alternatif pendanaan pada usaha-usaha menuju kemandirian finansial yang bermuara pada kemaslahatan umat. Wakaf uang (Cash Wakaf/ waqf al-nuqud) adalah wakaf yang diberikan oleh Muwakif/ Wakif (orang yang berwakaf) dalam bentuk uang tunai kepada lembaga pengelola wakaf untuk kemudian dikembangkan dan hasilnya untuk kemaslahatan umat. Sementara itu, pokok wakaf uangnya seperti yang dipersyaratkan secara syar'i tidak boleh habis sampai kapanpun.Oleh karena itu, untuk mengelola dana umat dalam bentuk wakaf uang diperlukan orang-orang yang amanah, profesional serta memiliki kemampuan mengelola dana sehingga kesinambungan dan keberadaan wakaf uang tersebut dapat terjamin. Legalitas wakaf uang telah diatur dalam UU No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf dan Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2006 tentang pelaksanaannya, demikian juga dalam Fatwa MUI tentang Wakaf Uang. Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai perwujudan amanat yang digariskan dalam Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, bekerja sama dengan International Center for Development in Islamic Finance - Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF-LPPI) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Nazhir wakaf uang profesional sebagai salah satu syarat sertifikasi dari Badan Wakaf Indonesia. Program ini diadakan untuk mengembangkan perwakafan di Indonesia.

 

MANFAAT

Program ini dirancang khusus untuk membuat Nazhir Wakaf yang profesional dan memberikan pemahaman yang komprehensif kepada calon Nazhir tentang Visi & Misi Badan Wakaf Indonesia, hukum wakaf dan Undang-Undang Wakaf di Indonesia. Selain itu dengan mengikuti program ini, calon Nazhir diharapkan memahami tentang pengembangan produk wakaf uang, pengaplikasian wakaf uang secara produktif, tata cara pengelolaan wakaf uang, tata cara administrasi wakaf uang, panduan kebijaksanaan investasi pada sektor riil dan sektor keuangan, peraturan pelaporan wakaf uang sampai dengan strategi marketing dan strategi fund rising untuk menghimpun dana wakaf uang, dan succsess story pengelolaan wakaf uang di Indonesia dan internasional.

 

MATERI

Pembahasan materi meliputi: Fiqh Wakaf; Visi dan Misi BWI dan Peraturan Perundang-undangan Wakaf di Indonesia;  Filosofi, Pengembangan dan Aplikasi Wakaf Uang di Indonesia;  Standard Operational Procedure (SOP) Wakaf Uang;  Perwakafan di Indonesia;   Manajemen Investasi di Sektor Keuangan, Manajemen Marketing & Strategic Fund Rising, Succsess Story Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia, Studi Kasus Wakaf Uang di Dunia Internasional.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi: ceramah, dan diskusi, serta untuk menilai keberhasilan program akan diadakan pre-test sebelum training dan post-test sesudahnya.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Para pengelola dana wakaf dari lembaga-lembaga maupun yayasan wakaf di Indonesia.

 

FASILITATOR

Praktisi dan para pakar atau ahli dibidang perwakafan yang tergabung dalam Badan Wakaf Indonesia seperti yang telah ditunjuk dalam Keppres.

 

DURASI

Program dilaksanakan selama 2 (dua) hari.