Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

MARKET RISK MODELING

ESENSI PROGRAM

Volatilitas faktor-faktor risiko pasar telah meningkatkan risiko yang dihadapi bank, karena transaksi yang berkaitan dengan suku bunga, kurs, komoditas dan ekuitas tidak haruss elalu memiliki transaksi yang mendasari (underlying transaction). Telah terjadi proses decoupling, sehingga transaksi cenderung kepada spekulatif. Pengelolaan atas faktor-faktor risiko pasar dengan alat-alat mitigasi yang tepat akan menciptakan profitabilitas yang optimal bagi bank. Penggunaan alat-alat statistik dan matematis akan membantu bank mengukur tingkat risiko dan menentukan mitigan yang tepat. Dalam kerangka ini bank perlu membangun kerangka kerja manajemen risiko pasar.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu: memahami faktor-faktor pasar yang mempengaruhi profitabilitas bank dan menerapkan mitigasi yang tepat untuk melindungi modal bank, memahami best practice pengelolaan risiko pasar saat ini sehingga dapat memandang kritis terhadap risiko pasar dan mengetahui bagaimana mengelola serta mengendalikan risiko tersebut, mengetahui metode alternatif dari VaR, termasuk metode Stress Testing dan Scenario Model dan memasukan dan mengelola risiko non-linear.

 

ESENSI MATERI

Program ini akan membahas tentang: dasar-dasar statistik pada risiko pasar, korelasi antar faktor-faktor dan model pengukuran risiko pasar, serta kerangka operasional dan validitasnya.

 

METODE

Program diselenggarakan secara klasikal dengank ombinasi metode: ceramah, studi kasus, dan diskusi.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Pelatihan ini sangat tepat bagi unit kerja yang berhubungan dengan transaksi treasurymarketing, anggota ALCO dan pendukung ALCO (ASG).

 

FASILITATOR

Bankir yang menguasai bidangnya risiko pasar dan menguasai permodelan (excell base).

 

DURASI

Program dilaksanakan 2 (dua) hari secara intensif.