Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

OPERATIONAL RISK AWARENESS

ESENSI PROGRAM

Kegagalan bank mengelola salah satu risiko saja akan membuat dimensi risiko makin besar, apalagi bila bank gagal mengelolanya secara komprehensif.  Oleh karena itu, bank harus membangun kesadaran risiko (risk awareness), berupa pemahaman bahwa pertahanan lini pertama dalam pengelolaan risiko adalah unit kerja atau unit bisnis, bukan satuan kerja manajemen risiko (SKMR) atau satuan kerja audit intern (SKAI).

Membangun kesadaran risiko dalam jangka pendek akan membuat proses kerja menjadi lebih efisien dan denda berkurang. Dalam jangka  panjang, akan tercipta efisiensi, daya saing, tata kelola perusahaan yang lebih baik dan alokasi modal yang optimal.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu mengidentifikasi ragam risiko yang dihadapi bank, mengukur risiko dan menyusun program mitigasi dan pemantauan dan memahami ragam regulasi terkait manajemen risiko, khususnya risiko operasional.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi overview manajemen risiko, regulasi manajemen risiko (Komite Basel dan PBI), kerangka manajemen risiko, proses manajemen risiko operasional, membangun kesadaran risiko operasional, dan Enterprise Risk Management (ERM).

 

METODE

Program diselenggarakan secara klasikal dengan kombinasi metode : ceramah dan diskusi.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Pejabat/officerIpegawai satuan Manajemen risiko, khususnya Manajemen risiko operasional atau pejabat/officer/pegawai bank pada semua lini.

 

FASILITATOR

Fasilitator terdiri atas bankir yang menguasai bidangnya secara konseptual dan praktikal.

 

DURASI

Program dilaksanakan 2 (dua) hari secara intensif.