Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


PELATIHAN PSAK 62 (KONTRAK ASURANSI)

ESENSI PROGRAM

Industri asuransi nasional mulai beradaptasi dengan pencatatan laporan keuangan baru yang telah berlaku sejak 1 Januari 2012, yaitu PSAK 62 tentang Kontrak Asuransi. PSAK 62 merupakan hasil konvergensi IFRS, dimana pada pencatatannya akan membedakan transaksi premi murni (proteksi) dengan premi investasi. Dengan demikian, sistem pelaporan keuangan yang seragam dan sesuai standar internasional dapat mendorong industri asuransi untuk lebih siap menghadapi era globalisasi.

MANFAAT

Setelah menyelesaikan pelatihan ini adalah para peserta diharapkan mampu menjelaskan PSAK terkini bidang asuransi, melakukan perhitungan aktuaria bidang asuransi kerugian dan kontrak asuransi, menjelaskan perbandingan PSAK lama dengan baru, mengidentifikasi pos-pos dan menyesuaikan pos-pos dalam laporan keuangan yang terkena dampak PSAK, menyusun laporan keuangan sesuai PSAK terbaru.

ESENSI MATERI

Review PSAK terkini bidang asuransi: PSAK 62 (2010), PSAK 28 (revisi 2010), PSAK 36, PSAK 50 (revisi 2010), PSAK 55 (revisi 2011), PSAK 60 (revisi 2010), perhitungan aktuaria bidang asuransi kerugian dan kontrak asuransi, komparasi PSAK lama dengan baru, review dan identifikasi pos-pos laporan keuangan yang terkera dampak PSAK, praktek penyusunan laporan keuangan sesuai PSAK terbaru, prosedur penyesuaian pos-pos dalam laporan keuangan yang terkena dampak perubahan PSAK.

METODE

Program ini diselenggaraan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi: ceramah, studi kasus, dan diskusi.

PESERTA YANG DISARANKAN

Pelatihan ini direkomendasikan untuk staf keuangan dan atau staf akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan laporan keuangan.

FASILITATOR

Para akademisi dan praktisi yang menguasai bidang akuntansi sesuai standar internasional (IFRS dan PSAK).

DURASI

Pelatihan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari secara intensif.


Lainnya :