Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Divisi Konsultasi dan Assessment Center

Tentang Kami

KONSULTASI


URAIAN SINGKAT

Jasa konsultasi merupakan salah satu layanan jasa yang diperuntukkan bagi bank yang merencanakan melakukan perbaikan dan pemecahan permasalahan yang dihadapi. LPPI selain melaksanakan pengembangan human capital bank melalui training/ development, banyak bank yang memerlukan pengembangan organisasi seperti  redesign organisasi, performance management system dan career planning merupakan sebagian contoh jasa konsultasi yang pernah ditangani LPPI.

Dalam situasi persaingan global seperti sekarang, tenaga manajemen bank akan lebih bermanfaat untuk difokuskan kepada menangkap peluang bisnis dan membangun sistem yang memerlukan keahlian khusus.

MANFAAT

Jasa konsultasi  dapat memberikan suatu pendapat dan saran perbaikan atas permasalahan yang dihadapi bank. Telah diketahui bersama bahwa untuk keperluan pemecahan masalah yang baik, bank perlu menyedia-kan tenaga yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan secara temporer, seperti misalnya keahlian dalam menyusun Corporate Planning, sistem imbal jasa. LPPI didukung oleh associate consultant dari berbagai bidang keahlian yang memahami praktek terbaik (best practices) pada industri perbankan. Di samping itu, LPPI sebagai pihak luar bank (outsider) tidak terlibat conflict of interest dalam menentukan hal yang sensitif seperti struktur gaji dan insentif serta hal-hal lainnya.

METODE

Metode konsultasi dilaksanakan dengan mengikut-sertakan tim counterpart dari klien. Tiap tahapan dalam kegiatan konsultasi selalu dilakukan pembahasan secara intensif antara tim LPPI dan tim counterpart klien. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan hasil konsultasi yang optimal.

PROSES KONSULTASI

Kegiatan dalam konsultasi dilakukan dengan proses sebagai berikut: identifikasi masalah, analisis masalah, perumusan masalah, alternatif pemecahan masalah serta rencana tindak lanjut.

LAYANAN KONSULTASI

Jasa layanan konsultasi yang kami sediakan pada dasarnya adalah sesuai kebutuhan klien baik untuk bidang perbankan konvensional maupun perbankan syariah.

Bidang-bidang tersebut antara lain: Strategic Planning, Risk Management, Organizational Design, Pengem-bangan Sumber Daya Manusia/Human Capital, Pelayanan Nasabah, Perkreditan, Akuntansi, Audit, Pengembangan Bank Devisa, Review Framework SDM, Arsitektur Pendidikan, Data Envelopment Analysis.

 

ASSESSMENT CENTER

URAIAN SINGKAT

Assessment Center merupakan suatu metodologi untuk menilai, mengevaluasi perilaku pegawai dalam pekerjaan sehingga hasil dari asesmen dapat digunakan untuk pengembangan pegawai. LPPI menyediakan layanan  bagi bank dalam rangka proses rekrutmen pegawai baru maupun asesmen bagi pegawai untuk tujuan kenaikan jenjang golongan atau jabatan.

Dalam rekrutmen calon pegawai, pada umumnya bank dihadapkan pada jumlah pelamar yang memenuhi persyaratan umum berlipat ganda dari jumlah yang dibutuhkan, namun setelah dilakukan seleksi, hanya sedikit yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Begitu pula untuk pengisian lowongan jabatan tertentu, terdapat pegawai yang memenuhi persyaratan administrasi lebih banyak, tetapi setelah dilakukan asesmen relatif sedikit yang memenuhi kualifikasi yang ditetapkan.

Program Asesmen bertujuan untuk melakukan proses pemilihan calon pegawai baru atau calon pejabat untuk pengisian suatu jabatan tertentu agar dapat diperoleh tenaga yang sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan serta jenis pengembangan yang diperlukan.

MANFAAT

Manfaat program asesmen pegawai dapat digunakan sebagai salah satu dasar pertimbangan keputusan pimpinan berkaitan dengan pemilihan pegawai baru, mutasi, kenaikan jenjang jabatan dan pengembangan kompetensi pegawai.

Dengan menggunakan metode assessment center  dapat diperoleh kader-kader pimpinan yang terbaik, begitu pula strategi tindak lanjut kegiatan pengembangan karir pegawai yang terencana dan spesifik tiap individu pegawai.

METODE

Metode yang diterapkan adalah kombinasi dari berbagai metode seperti: tes tertulis pengetahuan umum, keuangan, perbankan dan bahasa Inggris, evaluasi psikologi dengan pendekatan individual assignment, role play, group discussion, in basket exercise, bussiness game, presentation, case analysis, behavioral event interview dan aplikasi soft ware tertentu sesuai kebutuhan.

PROSES ASSESSMENT

Proses Assessment dilaksanakan secara profesional, independen, obyektif dan komprehensif sehingga mengarahkan investasi pada sumber daya manusia  tepat guna.

LPPI memiliki komitmen untuk mengoptimalkan derajat obyektif penilaian serta berupaya semaksimal mungkin untuk menekan bias penilaian. Tim assessor  terdiri dari para spesialis bidang perbankan dan keuangan, serta para psikolog yang berpengalaman.

LAYANAN ASSESSMENT CENTER

Assessment Center melayani jasa rekrutmen calon pegawai baru, asesmen untuk kenaikan jenjang pangkat, promosi  jabatan manajerial maupun jabatan khusus/spesialis.